ROM DISTRIBUTOR XIAOMI BERMASALAH

       Yup! ROM XIAOMI memang banyak masalah. Tapi tenang tidak semua ROM XIAOMI bermasalah. Disini yang bermaslah adalah ROM DISTRIBUTOR. ROM DISTRIBUTOR biasanya terpasang di xiaomi yang bergaransi distributor. ROM ini banyak kekurangan, yaitu:
1. Ada beberapa aplikasi iklan yang tidak penting yang tidak bisa dihapus seperti DU  battery , tube downloader dan lain-lain
2. Muncul pop up iklan disaat kita sedang tidak membuka aplikasi
3. Tidak bisa membuat mi account
4. Tidak akan dapat update MIUI dari XIAOMI
5. Saat menerapkan tema , xiaomi harus di restart
6. baterai boros 
       Namun memang terkadang jika fixer membeli di toko tertentu , toko itu menggantinya dengan ROM OFFICIAL XIAOMI. Nah untuk membedakan XIAOMI yang kita pakai DISTRIBUTOR atau bukan. Fixer bisa melihat di bagian MIUI VERSION. Caranya :
1. masuk ke setting
2. masuk ke tentang telepon di bagian paling bawah
3. lihat bagian MIUI VERSION. MIUI OFFICIAL terdiri dari 4 ANGKA , SATUAN DAN 4 TITIK, sedangkan MIUI DISTRIBUTOR berlawanan dari itu. yaitu diantara PULUHAN dan LEBIH DARI 4 TITIK.
       Walau terkadang di MIUI VERSION DISTRIBUTOR tertulis STABLE GLOBAL jangan percaya. Itu bukan ROM STABLE GLOBAL dari XIAOMI
contoh xiaomi dengan ROM OFFICIAL :

screenshot xiaomi rom distributor :

 

Ada aplikasi Pre-installed yang bukan dari xiaomi , yang tidak bisa dihapus dan memberatkan kinerja xiaomi. Dan untuk mengubah ROM DISTRIBUTOR ke ROM OFFICIAL tentu saja harus di flash XIAOMI nya.

UPDATE !!!
xiaomi keluaran 2016 sekarang makin sulit untuk dilihat apakah ROM nya distributor atau bukan. saat membeli versi xiaomi sudah global dan 4 angka ! tapi masih ada celah untuk memeriksanya , yaitu:
1. masuk setting
2. pilih about phone di paling bagian bawah
3. klik system update. ( disini bandingkan versi MIUI yang di xiaomi nya dengan versi MIUI yang paling update di internet. bisa di cek di forum xiaomi . pilih devices nya . dan pilih sub topik forum “ROM”

OK sekian semoga bermanfaat !

Leave a comment